Bangkitkan Motivasi Mahasiswa, EDC USM Gelar Workshop Kewirausahaan

SEMARANG – Entrepreneurship Development Center Universitas Semarang (EDC USM) menggelar Workshop Kewirausahaan Merajut Nusantara dengan tema ”Pengembangan dan Pendampingan Wirausaha di Universitas Semarang” di Gedung Prof Joetata Lantai 6 Universitas Semarang pada Senin 12 Juni 2023. Ketua Panitia, Any Setyarini SE MM mengatakan, EDC merupakan wadah bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Panitia dalam kegiatan tersebut terdiri atas dosen USM yang tergabung dalam EDC dan mahasiswa dari Himpunan Pengusaha Mahasiswa USM.

”Tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan motivasi kewirausahaan di kalangan mahasiswa, menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dan berdasarkan pada strategi-strategi yang digunakan oleh mahasiswa agar ketika terjun ke lapangan tidak ragu lagi,” katanya. Dia mengatakan, kegiatan ini tidak berhenti pada workshop namun akan diadakan pendampingan oleh ahli yaitu dari dosen dan penggerak di bidang kewirausahaan agar peserta dapat mengetahui potensi yang ada dalam usaha bisnis yang telah dimiliki.

Kegiatan ini mendatangkan dua orang narasumber yang ahli dalam bidang kewirausahaan yaitu CEO PT Kreatif Cipta Mulia, Eko Aribowo ST MM yang menyampaikan materi ”Mengembangkan Ide Bisnis Kreatif” dan Owner CV Aneka Printing Semarang, Qummas Naziq Yustiary dengan materi mengenai ”Transformasi Digital Potensi Mendulang Cuan”. Any berharap, dengan adanya¬†workshop tersebut dapat memunculkan minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan tidak ragu dalam merintis usaha di dunia perbisnisan.

”Ada sekitar kurang lebih 180 peserta dari mahasiswa dan alumni USM yang sudah memiliki usaha ataupun yang akan merintis usaha. Ini dapat diartikan bahwa minat terkait dengan kewirausahaan tinggi namun memang belum memiliki wadahnya. Harapannya USM melalui EDC ini akan banyak muncul kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan mereka tidak ragu lagi untuk dapat terjun di dunia kewirausahaan,” ungkapnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, akan ada profil khusus mengenai kewirausahaan. Kegiatan workshop tersebut, kata dia,  juga memberikan banyak manfaat dan inspirasi  pada sekitar 180 peserta dari mahasiswa USM yang memiliki usaha ataupun yang akan merintis bisnis serta alumni USM.